Emas Ternyata Bisa Membantu Melawan Kanker Paru-paru

Sebongkah emas. Foto: dailymail.co.uk.
Kanker menjadi salah satu penyakit yang mematikan. Di mana hampir setiap orang yang terkena penyakit ini akan meninggal. Dan pengidap penyakit ini kian meningkat setiap tahunnya, terutama karena perubahan gaya hidup modern.

Belum ada obat yang benar-benar efektif untuk menyembuhkan kanker, terlebih pengobatan saat ini perlu biaya yang tidak sedikit. Dan penyakit kanker juga bisa menyarang dihampir setiap organ tubuh, mulai dari kulit hingga tulang.

Tapi menurut penelitian terbaru mengungkapkan, jika emas ternyata bisa bisa digunakan dalam perang melawan kanker paru-paru. Dan ilmuwan di Universitas Edinburgh baru saja menyelesaikan penelitiannya. Lantas bagaimana efektivitas penggunaan emas ini?

Emas adalah unsur kimia yang aman dan memiliki kemampuan untuk mempercepat atau mengkatalisis reaksi kimia.

Dikutip dari Dailymail, periset di University of Edinburgh menemukan sifat logam mulia, yang memungkinkan kemampuan katalitik ini diakses pada makhluk hidup tanpa efek samping.

Penelitian ini terbukti efektif setelah ditanamkan di otak ikan, yang menunjukkan bahwa cara tersebut dapat digunakan pada mahluk hidup.

Studi ini dilakukan bekerja sama dengan para peneliti di University of Zaragoza Institute of Nanoscience of Aragon di Spanyol, dengan dana berasal dari Cancer Research UK (CRUK), dan Engineering and Physical Sciences Research Council.

Dr Asier Unciti-Broceta, dari University of Edinburgh's CRUK Edinburgh Center, mengatakan: "Kami telah menemukan sifat baru dari emas yang sebelumnya tidak diketahui, dan temuan kami menunjukkan bahwa logam tersebut dapat digunakan untuk melepaskan obat-obatan di dalam tumor dengan sangat aman."

Langkah selanjutnya adalah melihat apakah metode ini aman digunakan pada manusia, dengan melihat efek samping jangka panjang dan jangka pendeknya, dan apakah ini cara yang lebih baik untuk mengobati beberapa jenis kanker.

Penelitian ini telah dipublikasikan di jurnal ilmiah Angewandte Chemie.

Loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Emas Ternyata Bisa Membantu Melawan Kanker Paru-paru"

Post a Comment